Politiknesia.com
Parpol  

4 Politisi Muda Partai Golkar Terpopuler Periode Juni 2024: Dito Ariotedjo Hingga Pilar Saga Ichsan

Sebagai partai tertua di Indonesia, Partai Golkar cukup produktif dalam persoalan regenerasi dan pengkaderan. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya politisi-politisi muda nan produktif duduk di berbagai tingkat kepemimpinan baik eksekutif dan legislatif dari Partai Golkar.

Sebut saja nama Ariobimo Nandito Ariotedjo atau Dito Ariotedjo yang menjadi panglima pemberdayaan kepemudaan di tingkatan eksekutif sebagai Menpora RI. Kemudian ada nama lain seperti Dyah Roro Esti, Puteri Komarudin, Ravindra Airlangga, Adrian Jopie Paruntu di tingkatan legislatif pusat, DPR RI.

Nama lebih banyak tersebar di tingkatan kepemimpinan daerah seperti Aditya Halindra Faridzky, Roby Kurniawan, Pilar Saga Ichsan dan Dico Ganinduto sebagai kepala daerah yang memiliki usia relatif muda. Selain itu ada nama Sekar Tandjung, Ilyas Akbar Almadani, Dimaz Raditya Soesatyo, Rob Clinton Kardinal, Adiel Muhammad Kanantha, Ilham Permana dan Rian Ernest bisa jadi mewakili kelompok muda yang masih akan mekar di masa depan.

Karena merasa bahwa masa depan Partai Golkar terproyeksi cerah dengan keberadaan para politisi muda ini, kami redaksi Golkarpedia mencoba menelisik popularitas mereka dengan indikator kuantitas pemberitaan pada waktu periode tertentu, dalam hal ini periode satu bulan pemberitaan.

Pemberitaan bisa menjadi indikator penting dari popularitas seorang figur. Dengan banyaknya pemberitaan maka akan semakin berpotensi pula seseorang dikenal oleh publik. Terlepas dari isu apa yang diwacanakan dalam pemberitaan tersebut, amplifikasi dari penyebutan figur dalam sebuah pemberitaan membuat masyarakat semakin mengenal tokoh tersebut.

Sedangkan untuk figur muda yang kami lakukan riset, sebelumnya kami batasi pada usia 40 tahun. Batas usia 40 tahun ini melebihi ketentuan UU Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan yang menyebut bahwa rentang usia muda berada di batas usia 16 sampai dengan 30 tahun. Tetapi kami memiliki alasan bahwa dalam perjalanan karir politik seseorang, pada usia 30 tahun masih belum terlalu panjang dan terlihat di ranah publik.

Berdasarkan hasil riset kami dengan mengambil sampel 15 nama politisi muda Partai Golkar yang berada pada top of mind publik, kami menemukan 4 figur utama politisi muda Partai Golkar yang memiliki jumlah pemberitaan terbanyak pada periode Juni 2024. Untuk figur pertama ada nama Menpora RI, Dito Ariotedjo yang menyandang predikat sebagai politisi muda Partai Golkar terpopuler di bulan Juni 2024.

Pada periode Juni 2024, Dito Ariotedjo memiliki pemberitaan sebanyak 1.235 berita dengan reach mencapai 10,2 juta jangkauan atas pemberitaan yang dimilikinya. Jabatannya sebagai menteri membuatnya ada dalam posisi menguntungkan untuk menghasilkan banyak pemberitaan. Kami mencatat, tak seharipun website resmi Kemenpora absen untuk mengabarkan aktivitas dan kegiatan Menpora Dito Ariotedjo.

Ditambah dengan amplifikasi dari berbagai media pemberitaan, maka jumlah berita terkait Dito Ariotedjo memang cukup berlimpah. Pada Juni 2024, pria kelahiran 25 September 1990 ini banyak disorot mengenai kinerjanya sebagai Menpora RI.

Kepala Lembaga Inovasi dan Kreativitas DPP Partai Golkar ini tercatat memiliki banyak sorotan pemberitaan terkait kehadirannya di podcast pemain cadangan. Dalam kesempatan tersebut, Menpora Dito turut memaparkan perkembangan olahraga RI dan keterlibatan sponsor dalam menyukseskan setiap agenda olahraga di tanah air.

Lalu pemberitaan lain mengenai kehadirannya mendampingi Presiden Jokowi pada HUT Ke-52 HIPMI di Hotel Fairmont pada 10 Juni lalu. Ada pula pemberitaan tentang kehadirannya pada pertandingan Byon Combat Showbiz 3 di Tennis Indoor Senayan. Kegiatan itu menyuguhkan pertandingan pamungkas antara Randy Pangalila melawan Kkajhe.

Politisi muda Partai Golkar terpopuler kedua diisi oleh nama Bupati Kendal, Dico Ganinduto. Selama periode Juni 2024, anak dari Bendahara Umum DPP Partai Golkar, Dito Ganinduto ini meraih 628 pemberitaan dengan capaian reach sebanyak 6,8 juta jangkauan.

Pemberitaan yang mendongkrak nama Dico Ganinduto selama periode Juni 2024 antara lain adalah baliho bergambar Dico Ganinduto dan Raffi Ahmad yang bertebaran seantero Jawa Tengah. Baliho bergambar keduanya disangkut pautkan dengan agenda politik Pilgub Jawa Tengah yang akan digelar beberapa waktu ke depan.

Selanjutnya ada pemberitaan mengenai pendapat banyak pengamat yang mengatakan kinerja Dico Ganinduto sangat moncer selama memimpin Kabupaten Kendal. Hingga sosok Dico Ganinduto dirasa sangat berpeluang maju Pilgub Jateng dengan siapapun pendampingnya. Lalu ada curhat sang istri yang merupakan pesohor, Chacha Frederica setelah menjadi istri seorang kepala daerah.

Di posisi ketiga ada nama pendatang baru, yakni Bupati Bintan, Roby Kurniawan. Untuk periode Juni 2024, politisi muda Partai Golkar asal Kepulauan Riau ini memiliki pemberitaan sebanyak 329 berita dengan jangkauan mencapai 215.944 reach sepanjang periode tersebut.

Pemberitaan terkait Roby Kurniawan di antaranya adalah kehadiran Bupati Roby Kurniawan dalam agenda World Cities Summit 2024 di Singapura. Selanjutnya ada pemberitaan mengenai hasil survei yang menempatkan 75 persen masyarakat Bintan puas terhadap kepemimpinan Roby Kurniawan.

Pemberitaan populer lain yang mengangkat nama Roby Kurniawan adalah keberadaannya sebagai Khatib Shalat Idul Adha di Lapangan Sepakbola Hang Tuah Tanjung Uban, Kecamatan Bintan Utara. Lalu ada pernyataan Roby Kurniawan agar UMKM di Bintan menggalakkan olahan pangan lokal supaya komoditasnya bisa menuju pasar internasional.

Wakil Walikota Tangsel, Pilar Saga Ichsan menjadi sosok politisi muda Partai Golkar terpopuler yang berada di urutan keempat. Pria kelahiran 14 Mei 1991 ini cukup mendapat banyak pemberitaan pada Juni 2024. Total ada 270 pemberitaan dengan reach sebesar 725.529 jangkauan yang menyebut namanya selama periode satu bulan.

Pemberitaan mengenai Pilar Saga Ichsan di antaranya adalah mengenai ajakannya terhadap pelaku ekonomi kreatif agar berkolaborasi termasuk dengan Pemkot Tangsel dalam agenda membangun daerah. Lainnya adalah pemberitaan tentang perbandingan langit vs bumi antara Pilar Saga Ichsan dengan latar pendidikan mentereng dan Marshel Widianto, bakal calon Wakil Walikota Tangsel dari Partai Gerindra.

Paparan Pilar Saga Ichsan mengenai konsep bangunan hijau dalam pembangunan kota juga banyak dikutip oleh media online lokal Tangsel. Lalu pernyataan yang disampaikan Pilar Saga Ichsan terkait dengan keberadaan gerai UMKM Bina Indah Lestari agar dapat dijadikan sebagai pusat oleh-oleh khas Tangsel.

Kami menempatkan 4 orang tokoh politisi muda Partai Golkar terpopuler dari sekian banyak nama yang kami lakukan riset. Pengambilan jumlah sebanyak 4 tokoh yang dipublikasi ini semata-mata untuk mengkampanyekan nomor urut Partai Golkar agar menjadi top of mind di masyarakat.

Daftar 4 tokoh politisi muda Partai Golkar terpopuler ini dapat terus berubah seiring waktu, sesuai dengan jumlah publikasi serta pemberitaan yang mereka peroleh pada periode waktu tertentu, dalam hal ini selama satu bulan. Diharapkan dengan adanya riset ini, generasi muda di Partai Golkar lebih dapat berkarya mengisi ruang-ruang diskursus publik dan menunjukkan taji bahwa memang Partai Golkar gudangnya anak muda inovatif dan kreatif.

Politisi Muda Partai Golkar Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan Periode Juni 2024

Dito Ariotedjo
Menteri Pemuda dan Olahraga RI
Ketua Badan Kreativitas dan Inovasi DPP Partai Golkar
Total: 1.235 pemberitaan
Reach: 10,2 juta jangkauan

Dico Ganinduto
Bupati Kendal
Wasekjen DPP Partai Golkar
Total: 628 pemberitaan
Reach: 6,8 juta jangkauan

Roby Kurniawan
Bupati Bintan
Kepala Departemen Bidang Industri DPP Partai Golkar
Total: 329 pemberitaan
Reach: 215.944 jangkauan

Pilar Saga Ichsan
Wakil Walikota Tangerang Selatan
Ketua PD AMPG Banten
Total: 270 pemberitaan
Reach: 725.529 jangkauan {radaraktual}