Politiknesia.com

Sedang Pemulihan Cedera, Ketua Umum PB Wushu Indonesia, Airlangga Hartarto Kunjungi Edgar Xavier Marvelo

Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PW WI), Airlangga Hartarto menyempatkan diri untuk menjenguk Edgar Xavier Marvelo, Sabtu 26 Agustus 2023 di Jakarta.

Atlet wushu andalan Indonesia itu sedang menjalani pemulihan cedera.

Edgar Xavier merupakan anggota Timnas Wushu Indonesia yang akan tampil di Asian Games 2022 Hangzhou yang diselenggarakan pada 23 September hingga 8 Oktober 2023.

Edgar yang meraih dua medali perak dalam ajang The FISU World University Games 2023 Chengdu mengalami cedera pinggang. Dan di pekan lalu dia terpaksa meninggalkan pemusatan latihan di China agar bisa menjalani pengobatan di RS Mitra Kemayoran, Jakarta.

@edgarmarvelo “Kesehatan atlet itu jauh lebih penting. Makanya, PB WI meminta Edgar yang mengalami cedera segera pulang ke Indonesia untuk menjalani perawatan di RS Mitra Kemayoran.

Dan, saya berkunjung ke rumah Edgar dalam rangka memastikan kondisi kesehatannya,” kata Airlangga Hartarto yang didampingi Istri dan juga Wakil Bendahara PB WI Gunawan Tjokro serta Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Taolu PB WI Herman Wijaya.

“Alhamdulillah kondisi Edgar cukup bagus setelah menjalani perawatan dan treatment di RS Mitra Kemayoran. Tahap pemulihannya dari cidera pinggang sudah mencapai 90 persen. Mudah-mudahan dalam waktu dekat Edgar sudah bisa kembali bergabung dengan rekan-rekannya untuk menjalani program latihan TC di China.

Mohon doa dari masyarakat Indonesia untuk kesembuhan Edgar dan juga kesuksesan Timnas Wushu Indonesia agar bisa mengumandangkan Lagu Indonesia Raya di Asian Games 2023 Hangzhou nanti,” imbunya.

Edgar mengaku tidak menduga sekaligus merasa terhormat mendapat kunjungan dari Airlangga. “Saya merasa terhormat Pak Ketum Airlangga Hartarto datang bersama istri dan pengurus PB WI menjenguk saya di rumah. Tadinya, saya kirain hanya melalui video call saja karena kesibukan beliau menjalankan tugas negara.”

“Kondisi kesehatan saya cukup bagus usai menjalani perawatan cedera pinggang. Tahap pemulihannya pun sudah mencapai 90 persen. Kini, saya tinggal menunggu izin dari dokter saja untuk kembali bergabung dengan teman-teman menjalani TC di China. Mohon doa dari masyarakat Indonesia.

” Gunawan Tjokro yang juga Ketua Pengprov WI DKI Jakarta menambahkan, cedera yang dialami Edgar kemungkinan disebabkan padatnya kalender event yang diikuti sepanjang tahun 2023.

“Tahun ini cukup padat kalender eventnya. Setelah SEA Games 2023 Kamboja, mereka tampil di FISU World University Games 2023 Chengdu. Jadi, mereka tidak bisa lama istirahat dan langsung menjalani pelatnas secara berkesinambungan,” ungkapnya.

Prestasi wushu Indonesia di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto mengalami kemajuan. Pada The FISU World University Games 2023 Chengdu, Timnas Wushu Indonesia sukses menyumbangkan empat medali emas dan tiga perak.

Ini bukan hanya sejarah medali emas terbanyak selama keikutsertaan Indonesia di ajang multi event antar mahasiswa se-dunia, tetapi cabang olahraga (cabor) wushu menjadi satu-satunya cabor yang menyumbangkan medali bagi Kontingen Merah Putih.

Timnas Wushu Junior Indonesia juga membuat kejutan dengan merebut enam medali emas, 14 perak, dan 10 perunggu pada Kejuaraan Asia Wushu Junior XI/2023 bertajuk 11th Asia Junior Wushu Championship 2023 yang berlangsung di Macao, 14-20 Agustus 2023.(Sumber)