Politiknesia.com
Parpol  

4 Politisi Perempuan Partai Golkar Terpopuler Periode Mei 2024: Airin Rachmi Diany Hingga Nurul Arifin

Ketua Umum PP KPPG yang juga ditugasi oleh DPP Partai Golkar sebagai calon Gubernur Banten, Airin Rachmi Diany bercokol di posisi pertama dalam daftar politisi dan tokoh perempuan Partai Golkar terpopuler berdasar kuantitas pemberitaan periode Mei 2024. Airin Rachmi Diany berhasil menyalip posisi Atalia Praratya yang pada periode sebelumnya duduk di posisi satu.

Mengenai kategori politisi perempuan terpopuler, kami mengangkat hal ini karena merasa dunia politik dan perempuan merupakan dua entitas kata yang jarang didengar beriringan. Politik adalah dunia yang dianggap keras, penuh perdebatan dan silang sengketa persepsi, jauh dari sifat perempuan yang dianggap lembut, bersifat keibuan dan mengedepankan perasaan.

Namun seiring perjalanan waktu hingga dunia semakin modern, keberadaan perempuan mulai mengisi segala lini kehidupan, termasuk dunia politik sebagai profesi yang diisi oleh kaum perempuan.

Partai Golkar sendiri memberi porsi penting bagi keberadaan perempuan di dalam lingkup organisasi politiknya. Beberapa nama perempuan hebat berada di Partai Golkar, sebut saja politisi perempuan senior Partai Golkar Popong Otje Djundjunan atau Ceu Popong, lalu ada pula nama Mien Sugandhi yang pernah menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan era orde baru pada tahun 1993-1998.

Dewasa ini, dunia politik utamanya Partai Golkar mulai diminati secara serius oleh kaum perempuan. Di DPR RI kursi legislatif yang diisi oleh kaum perempuan Partai Golkar mencapai 19 jumlahnya. Belum lagi menghitung seberapa banyak perempuan kader Partai Golkar yang menjabat sebagai kepala daerah atau berkiprah dalam bidang lainnya.

Berangkat dari hal tersebut, kami redaksi Golkarpedia.com mencoba melakukan riset terkait dengan siapa saja politisi perempuan Partai Golkar yang dikenal akrab di telinga publik.

Kami menggunakan indikator pemberitaan bulan Mei 2024 untuk mengukur popularitas para politisi perempuan Partai Golkar ini. Semakin banyak pemberitaan yang tercatat menulis namanya atau mengulas mengenai dirinya, maka semakin populer lah politisi perempuan ini di kurun waktu periode yang kami tentukan.

Di posisi pertama ada nama Ketua Umum PP KPPG yang juga calon Gubernur Banten, Airin Rachmi Diany. Pada periode Mei 2024, Airin Rachmi Diany memiliki 435 pemberitaan dengan jangkauan mencapai 1,8 juta reach.

Pemberitaan mengenai Airin Rachmi Diany antara lain mengenai pendaftaran Airin Rachmi Diany melalui PKB dan PDIP untuk maju calon Gubernur Banten. Pendaftaran ini diakui oleh Airin merupakan arahan langsung dari Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Lalu pemaparan visi misi serta program keagamaan yang ia paparkan di hadapan elit PKB Banten sebagai syarat pendaftaran maju Cagub.

Lainnya adalah Airin Rachmi Diany yang tak berhenti bergerak hingga tercatat telah mendatangi 1.552 desa di seluruh Banten selama masa sosialisasi ia baik sebagai Caleg DPR RI maupun sebagai calon gubernur. Lalu pernyataannya yang siap mengundurkan diri dari posisi Caleg DPR RI terpilih sebagai prasyarat maju Pilgub Banten 2024.

Di urutan kedua, Golkarpedia.com menemukan nama Ketua IIPG Lampung Riana Sari Arinal yang juga menjabat sebagai Ketua TP-PKK Lampung. Untuk periode Mei 2024, Riana Sari Arinal memiliki sebanyak 274 pemberitaan. Jangkauan yang dihasilkan dari pemberitaan sebanyak itu mencapai 149.023 jangkauan.

Nama Riana Sari Arinal banyak tersorot atas pemberitaan mengenai kehadirannya dalam kegiatan kirab budaya dan parade mobil hias dalam rangka HUT Dekranas ke-44 di Lampung. Selanjutnya pemberitaan tentang Riana Sari Arinal yang mendampingi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam kegiatan senam Lampung berjaya di Lampung Utara.

Peresmian gedung perpustakaan nasional Provinsi Lampung yang dilakukan Riana Sari Arinal juga menjadi pemberitaan populer yang banyak disukai masyarakat. Serta pemberian Bansos yang dilakukan oleh Riana Sari Arinal kepada disabilitas di Lampung.

Bantuan yang berasal dari program Pelayanan Sosial Jejaring Masyarakat (Yansos Jejama) diantaranya 50 kursi roda, 20 alat bantu dengar, 10 tongkat kruk, 10 tongkat tripod, 10 tongkat tuna netra, 5 alat las, 5 alat steam serta 100 paket sembako.

Di posisi ketiga ada nama Ketua DPD I Partai Golkar Banten yang juga menjabat sebagai Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah. Pada periode Mei 2024, Ratu Tatu memiliki sebanyak 223 berita pada berbagai media online. Dengan pemberitaan sebanyak itu, reach yang dicapai oleh berita mengenai Ratu Tatu adalah sebesar 109.648 jangkauan.

Berita Ratu Tatu Chasanah antara lain adalah tentang pernyataannya atas koalisi di Pilkada Banten yang masih sangat cair. Sehingga kemungkinan menjalin koalisi bagi partai manapun sangat terbuka. Selanjutnya ada berita mengenai Ratu Tatu Chasanah yang mendapatkan 9 penghargaan pengentasan stunting untuk Kabupaten Serang. Penghargaan tersebut diberikan oleh Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Banten.

Anggota Komisi I DPR RI, Nurul Arifin menjadi sosok politisi perempuan Partai Golkar terpopuler yang berada di tempat keempat. Di bulan Mei 2024, Nurul Arifin memiliki pemberitaan sebanyak 105 berita di berbagai media online dengan jangkauan sebesar 788.206 reach.

Pemberitaan terkait Nurul Arifin di antaranya adalah penegasannya tentang RUU Penyiaran yang tak akan membungkam kebebasan pers di Indonesia. Berita populer mengenai nama Nurul Arifin juga terkait dengan dukungan yang diberikan olehnya untuk UN Women Indonesia agar ikut menangani dampak buruk konflik di Gaza utamanya untuk perempuan dan anak-anak.

Demikian 4 besar tokoh dan politisi perempuan Partai Golkar yang masuk dalam jajaran terpopuler dengan indikator publisitas pemberitaan selama periode tertentu. Dengan terangkumnya empat besar politisi perempuan Partai Golkar terpopuler berdasarkan jumlah pemberitaan sepanjang bulan Mei 2024, ada harapan bahwa entitas perempuan dan politik bisa menjalin keakraban yang lebih dalam lagi.

Nyatanya bisa perempuan berkiprah memberi manfaat dalam dunia politik. Karena zaman telah memberi peluang itu, bahwa perempuan bisa maju, bisa berkembang, dan bisa memberi harapan serta inspirasi bagi khalayak banyak. Politisi Perempuan Partai Golkar Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan Periode Mei 2024:

Airin Rachmi Diany
Ketua Umum PP KPPG
Calon Gubernur Banten
Total: 435 pemberitaan
Reach: 1,8 juta jangkauan

Riana Sari Arinal
Ketua IIPG Lampung
Ketua TP PKK Lampung
Total: 274 pemberitaan
Reach: 149.023 jangkauan

Ratu Tatu Chasanah
Ketua DPD I Partai Golkar Banten
Bupati Serang 2021-2024
Total: 223 pemberitaan
Reach: 109.648 jangkauan

Nurul Arifin
Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar
Anggota Komisi I DPR RI
Total: 105 pemberitaan
Reach: 788.206 jangkauan {radaraktual}