Politiknesia.com
Parpol  

Airlangga Hartarto Jadi Spirit Perjuangan Rajpal Singh Menangkan Partai Golkar di Pemilu 2024

Sebagai partai berhaluan tengah bervisi kebangsaan, Partai Golkar komit dan konsisten memperjuangkan keberagaman, menghargai perbedaan, menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM), dan menegakkan 4 Pilar Kebangsaan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Kelebihan dan kekuatan ideologi karya kekaryaan Partai Golkar ini yang menjadi magnet setiap lintas generasi anak bangsa untuk bergabung bersama dalam satu nafas perjuangan partai berlogo Pohon Beringin ini.

Tak terkecuali adalah kader muda Golkar, Rajpal Singh. Majunya pemuda keturunan India, dengan talenta di bidang informatika dan bisnis ini pada percaturan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, semakin menegaskan bahwa Partai Golkar adalah partai yang paling konsisten meneguhkan keberagaman untuk semua. Keberagaman adalah kekuatan bangsa Indonesia untuk maju, sejahtera, dan berkemakmuran.

“Sejak saya lahir, tumbuh besar, dewasa, kuliah, bekerja dan berwirausaha hingga sekarang memutuskan terjun di politik, sama sekali tak menemukan adanya perbedaan atau diskriminasi perlakuan kebijakan maupun regulasi dari government dan interaksi sosial masyarakat. Terlebih lagi, saya akan maju dalam Pileg 2024 lewat Partai Golkar sebagai partai paling senior di Republik ini dan menjadi partai terbesar yang telah dikenal dan identik tidak pernah membedakan kader satu dengan kader lainnya.

Ukurannya diantara kader dan pimpinan partai adalah karya kekaryaan dan PDLT yakni Pengabdian, Dedikasi, Loyalitas, dan Tidak Tercela,” ujar Rajpal di sela-sela acara Silaturahmi dan Pengarahan Ketua Umum DPP Partai Golkar kepada para Bacaleg Pemenangan Pemilu (PP) Wilayah Jawa I di Ballroom Grha DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Minggu (19/3/2023).

Alumnus S2 Bisnis ITB ini menyatakan niat dan minatnya masuk gelanggang politik sebagai bakal calon legislatif (Bacaleg) DPR RI daerah pemilihan (Dapil) DKI Jakarta 2 meliputi wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Luar Negeri.

“Saya pilih Golkar, karena parpol yang tetap bernomor 4 pada Pemilu 2024 ini adalah parpol yang sangat terbuka untuk semua golongan, terbuka juga untuk generasi muda, terbuka untuk semua golongan, agama, ras, dan etnis. Seperti saya ini yang keturunan India. Terlebih dalam ekosistem Golkar, telah terbentuk suasan kekeluargaan yang kuat, saling bantu dan gotong royong cukup tinggi. Sekalipun di politik tetap berlangsung kompetisi antarkader. Namun konteks kompetisinya adalah yang sehat dan mencari yang terbaik dari yang baik,” urai Rajpal yang juga kader muda Kosgoro 1957 ini.

Meskipun, keturunan India, Rajpal Singh tidak merasakan perbedaan yang berarti. Saat ini era keterbukaan membuat partai modern juga mendorong kaum muda dari berbagai latar belakang untuk maju dan menunjukkan kemampuannya dimana bumi di pijak langit pun dijunjung. Hal itu melambangkan keterbukaan dan persamaan hak di semua kelompok dan golongan.

“Saya orang Indonesia keturunan India. Walaupun jumlahnya masih minoritas di Indonesia. Tetapi sudah menyebar di berbagai daerah di Indonesia. Saya juga mendorong gerakan perubahan anak-anak muda Indonesia yang berada di luar negeri, untuk terus mencintai negeri ini dan berkontribusi nyata untuk kemajuan Indonesia dan kesejahteraan rakyatnya,” ungkapnya.

Dia berharap, bisa memperjuangkan suara masyaakat keturunan India dengan adanya perwakilan politik di parlemen. Membuktikan bahwa dari generasi muda memiliki kans terbuka dan bisa maju. Melalui jalur politik di Partai Golkar harapannya itu bisa dilakukan.

“Kalau saya berhasil di parlemen bisa lebih banyak memperjuangan suara rakyat. Orang akan lebih mengetahui adanya keberagaman adalah sebuah keniscayaan bangsa yang plural ini, seperti budaya orang Indonesia keturunan India. Misalnya mengenalkan seni budaya. Termasuk hari-hari keagaman jadi tradisi budaya di Indonesia,” ucapnya.

Untuk bidang ekonomi, Rajpal Singh menilai anak muda Indonesia memiliki peluang besar. Basis ekonomi digital sekarang sudah merajai dunia. Era bisnis digital pun tumbuh berkembang di Indonesia. Tentunya hal itu menjadi peluang besar untuk kekuatan ekonomi baru bagi Indonesia di masa depan.

“Mendorong start up digital lebih maju dengan menciptakan inovasi kreatif. Indonesia saat ini menjadi kekuatan kelima setelah Kanada dalam jumlah start up digitalnya. Basis itu jika didukung pemerintah dan swasta akan lebih baik. Mempercepat kemajuan ekonomi Indonesia melalui digitalisasi di semua lini kehidupan,” terang peraih Bachelor of Computer Application di Lovely Professional University India ini.

Rajpal Singh berharap, jika dirinya lolos menuju Senayan kelak ia siap ditugaskan di komisi apa pun. Dengan berusaha maksimal menyuarakan aspirasi masyarakat khususnya kaum milenial dan yang menjadi basis terbesar sebagai pemilih dalam Pemilu 2024.

“Jumlahnya mencapai 58 persen pemilih usianya di bawah 40 tahun. Ini menjadi tantangan. Saya siap ditugaskan di komisi apa saja jika terpilih sebagai Legislator Senayan. Untuk menyalurkan aspirasi masyarakat dan akan berjuang maksimal. Dalam proses perjalanan tentunya akan ada pembelajaran. Demi kemajuan masa depan Indonesia di berbagai bidang,” tuturnya

Prioritaskan Caleg Muda

Rajpal juga mengaku jika dirinya yang tergolong newcomer di Beringin tetap mendapatkan perlakuan yang sama, tetap mengikuti aturan dan peraturan organisasi, tidak ada perlakuan istimewa.

Termasuk saat menjadi Fungsionaris Pusat Partai Golkar yang nantinya akan diproyeksikan sebagai caleg di DPR RI pada Pemilu 2024, harus mengikuti berbagai agenda kegiatan partai, khususnya untuk persiapan Pemilu. Seperti Orientasi Fungsionaris Partai Golkar, Bimtek Caleg Golkar, Rakor, Rakernis maupun kegiatan konsolidasi partai lainnya. Hal tersebut in-line dengan Keputusan DPP Partai Golkar dalam menyambut hajatan akbar Pemilu 2024 mendatang.

Partai Golkar akan memprioritaskan dan menerjunkan para kader mudanya sebagai calon legislatif. Mengingat pemilih muda sangat dominan menjadi pemilih di Pemilu 2024. Sehingga perlu diberikan ruang dan kesempatan juga para wakil parpol terutama dari kader muda terbaik Golkar sebagai wakil golongan muda, baik kelompok Z maupun Y.

“Saya yang juga dalam golongan muda ini siap memanaskan mesin partai untuk berjuang keras dan serius mendulang suara di kalangan milenial terutama di daerah pemilihan DKI Jakarta 2,” tegas Raj, panggilan akrab, pemuda kelahiran Medan, 16 Mei 1988 ini.

“Melalui jalur politik, kita bisa banyak berbuat menyalurkan aspiriasi warga. Termasuk suara kaum muda yang juga harus menjadi perhatian. Sekarang era milenial yang menuntut banyak perubahan demi kemajuan masa depan bangsa Indonesia,” imbuhnya.

Kehadiran Golkar yang sudah lama dengan pengalaman puluhan tahun hingga kini mampu menunjukkan dedikasinya sebagai partai besar yang pure memperjuangkan kehendak dan aspirasi rakyat.

Meskipun begitu, kader-kader muda tetap bermunculan memberikan warna dan spektrum kepada para senior partai dalam memenuhi aspirasi dan kebutuhan ceruk pemilih di Pemilu 2024. Tentunya kombinasi apik yang ditampilkan Golkar juga menarik perhatian kaum muda untuk menyalurkan aspirasi politiknya kepada Beringin.

“Golkar memberikan peluang yang sama bagi yang muda-muda untuk maju jadi caleg. Komunikasi sesama kader di Golkar pun tidak ada sekat atau indikasi saling membeda-bedakan. Kader muda dan senior baik dari suku dan agama yang berbeda tetap sama. Saling mendukung untuk mendorong perubahan lebih baik bagi masa depan Indonesia Emas 2045,” jelas Wakil Bendahara Umum DPP AMPI ini.

Menurutnya, kombinasi yang dilakukan Golkar dengan mengusung kader muda dan senior dinilai menarik.sehingga mendapatkan atensi dan empati dari masyarakat secara umum.

“Gabungan kekuatan antara senior yang kenyang pengalaman dan kader muda yang penuh semangat baru dengan engine yang bakal full speed. Akan saling memuluskan, Insya Allah kemenangan Golkar di Pemilu 2024 dan menjadikan Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai Presiden RI pada Pilpres 2024,” tegas Wabendum PPK Kosgoro 1957 ini.

Dengan begitu, Raj meyakini potensi memenangkan kontestasi Pemilu dari suara kalangan milenial cukup besar bagi partai berlambang pohon beringin tersebut.

Airlangga Spirit Perjuangan Kader Muda

Meski sebagai pendatang baru di Golkar, Raj juga tetap harus mau terjun dalam ormas pendukung Golkar seperti Kosgoro 1957 yang adalah organisasi pendiri Golkar dan AMPI sebagai organisasi pemuda yang konsisten menyokong dan mendukung suara untuk Golkar.

Untuk mengasah kemampuannya berorganisasi, Rajpal Singh juga mengaku harus mau belajar dari kakak iparnya, Deli Aryaputra Singgih, yang juga Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar dan Mantan Bendahara Umum AMPI tersebut.

Raj kini aktif di PPK Kosgoro 1957 yang juga dipimpin Dave Laksono, Anggota Komisi I dan.BKSAP DPR RI serta di DPP AMPI yang sekarang dikomandani Jerry Sambuaga yang juga Wamendag RI. Selain dalam kapasitasnya sebagai pengusaha muda juga aktif di Hipmi Jaya.

Raj menyebut kehadiran para senior baginya tidak hanya menjadi mentor bagi yang muda saja tetapi juga panutan serta kompas hidup para kader muda Golkar untuk berbuat nyata bagi kebaikan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Ia memberikan contoh, bagaimana kemampuan Ketum Golkar Airlangga Hartarto yang sangat mumpuni dalam memimpin partai dan mengelola partai sebesar Partai Golkar. “Golkar yang pernah mengalami turbulensi politik cukup berpengaruh bagi elektabilitasnya. Namun berkat kemampuan leadership tinggi Ketum Airlangga, kini Golkar kembali mendapatkan simpati rakyat,” bebernya.

Terlebih Ketum Airlangga Hartarto yang dipercaya sebagai menteri dua periode Pemerintahan Presiden Joko Widodo, waktu itu sebagai Menteri Perindustrian dan sekarang sebagai Menko Perekonomian mampu menjalankan tugas, pokok, dan fungsinya sebagai pembantu Presiden Jokowi mengawal ekonomi Indonesia tetap fight dan stabil di tengah ancaman resesi paska Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung hingga 3 tahun lamanya.

“Sejak dilanda Pandemi Covid, ekonomi Indonesia terpuruk dan sekarang kembali bangkit. Membuat ekonomi kembali pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat dari tahun sebelumnya juga berkat kemampuan leadership Pak Airlangga. Portofolio beliau ini yang menjadikan spirit perjuangan kami untuk membesarkan dan memenangkan Partai Golkar dan saatnya Pemimpin Golkar sebagai Presiden RI di 2024,” tandasnya. {golkarpedia}

Leave a Reply