Politiknesia.com

Temui Presiden Palestina, Menlu AS Antony Blinken Kutuk Serangan Israel di Tepi Barat

Merespons perkembangan konflik militer Israel-Hamas, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken melakukan kunjungan ke Palestina dan bertemu langsung dengan Presiden Mahmoud Abbas.

Mengutip laporan jurubicara Departemen Luar Negeri AS, Matthew Miller, disebutkan bahwa Blinken menemui Abbas di Ramallah pada Kamis (30/11) untuk membahas upaya percepatan pengiriman bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza.

“Menteri Luar Negeri Antony J. Blinken hari ini bertemu dengan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas di Ramallah, membahas upaya untuk mempercepat pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza, termasuk melalui memaksimalkan jeda kemanusiaan,” kata Miller, seperti dimuat Anadolu Agency.

Dalam kesempatan itu, kata Miller, Blinken juga menyuarakan kecamannya terhadap serangan di Tepi Barat. Dia berjanji akan membuat para pelaku menghadapi hukuman setimpal.

“(Blunken) mengutuk kekerasan ekstremis terhadap warga sipil Palestina di Tepi Barat dan mengatakan dia akan terus menuntut pertanggungjawaban penuh bagi mereka yang bertanggung jawab,” ungkapnya.

Selain itu, disebutkan Miller, Blinken menggarisbawahi pentingnya peningkatan keamanan dan kebebasan di Tepi Barat. Dia juga menegaskan kembali komitmen AS untuk menyelesaikan konflik Palestina.

“Amerika Serikat tetap berkomitmen untuk memajukan langkah-langkah nyata untuk negara Palestina,” pungkas Miller.(Sumber)