Politiknesia.com

Gubernur Sahbirin Noor Serahkan Rumah Layak Huni Untuk 256 Warga Kalsel

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menyerahkan bantuan sosial kepada 256 penerima Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) pada momen peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) 2022.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor di Kiram Park, Banjar, Kamis (1/9) siang.

Bansos RTLH yang diberikan pada tahun 2022 ini totalnya 256 unit. Terdiri dari 120 unit bantuan RTLH di pemukiman kumuh tersebar di 12 kabupaten/ kota se Kalsel.

Sementara sisanya sebanyak 136 unit bantuan rehab rumah tak layak huni yang terdampak banjir pada 2021 silam.

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengatakan, penyerahan bantuan ini merupakan wujud kepedulian Pemprov Kalsel terhadap penyelenggaraan keterpenuhan perumahan bagi masyarakat.

Disampaikan Paman Birin, pemenuhan hunian yang layak merupakan tugas negara, termasuk juga tugas pemerintah daerah.

Baca Juga : Paman Birin Ajak Kuatkan Komitmen Berkarya untuk Banua
Paman Birin pun optimis, pemerintah dapat menyediakan hunian yang layak dengan berkolaborasi antar sektor dan antar pemangku kepentingan bisa terjalin dengan baik dan berkelanjutan.

Sementara itu, Kadisperkim Kalsel, Mursyidah Amini mengatakan, bantuan sosial Rehabilitasi Rumah bagi Korban Bencana pada Tahun Anggaran 2022 ini telah dianggarkan sebanyak 136 unit di 5 kabupaten. Yaitu Kabupaten Banjar (30 unit), Kabupaten Hulu Sungai Tengah (45 unit), Kabupaten Balangan (11 unit), Kabupaten Barito Kuala (25 unit) dan Kabupaten Tanah Laut (25 unit).

Sedangkan untuk Peningkatan Kualitas Rumah Tidak Layak Huni (PK-RTLH) sebanyak 120 unit pada 12 kabupaten/kota selain Kota Banjarmasin.

Masing-masing kabupaten/kota akan mendapatkan bantuan 10 unit. Anggaran untuk 1 unit rumah sebesar Rp20 juta terdiri dari untuk pengadaan bahan bangunan sebesar Rp17,5 juta dan upah sebesar Rp2,5 juta.

Disampaikanya, penanganan perbaikan pemukiman pasca bencana banjir yang terjadi pada tahun 2021, masih terus berjalan.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada tahun 2021 telah membantu penanganan sebanyak 3.941 buah di 5 kabupaten. Sisanya sebanyak 3.236 buah akan ditangani Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Untuk itu pada tahun 2022 ini pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman telah mengalokasi anggaran untuk melanjutkan penanganan rumah korban bencana banjir pada 5 kabupaten serta peningkatan kualitas pada 12 kabupaten/kota terdampak banjir.

Sementara warga Desa Bangkal, Kecamatan Cempaka, Sukasni mengucapkan syukur dan terima kasih kepada Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor yang telah membantu memperbaiki rumahnya pasca banjir.

Menurutnya, bantuan ini sangat berarti baginya untuk memperbaiki dinding rumah dan atap pasca terdampak banjir. (Sumber)

Leave a Reply