Politiknesia.com
Parpol  

Inilah 4 Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler Periode Mei 2024: Arinal Djunaidi Hingga Ace Hasan

Nama Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Lampung berdasar hasil riset kami Golkarpedia.com kembali menjadi Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler se-Indonesia untuk periode Mei 2024. Arinal Djunaidi seperti menjadi langganan untuk mendapat predikat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar terpopuler yang didasarkan pada indikator banyaknya jumlah pemberitaan.

Seperti pada periode sebelumnya, kategori terpopuler yang kami gunakan adalah berdasar kuantitas pemberitaan. Dengan tambahan indikator yakni, reach atau jangkauan pemberitaan. Jangkauan pemberitaan ini bukan berarti banyaknya pembaca, tetapi asumsi banyaknya orang yang melihat jika link disebar di berbagai platform media sosial.

Untuk Arinal Djunaidi, Gubernur Lampung yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Lampung ini pada periode pemberitaan Mei 2024, memiliki sebanyak 996 berita yang tersebar pada berbagai media online. Reach yang dicapai dari pemberitaan mengenai pria kelahiran Lampung, 17 Juni 1956 ini adalah sebesar 915.030 jangkauan.

Berita mengenai Arinal Djunaidi banyak dimuat oleh media lokal Lampung. Hal ini menjadi penjelasan mengapa dengan jumlah pemberitaan yang begitu besar, namun reach yang dimiliki Arinal terhitung kecil.

Pemberitaan Arinal Djunaidi sendiri lebih banyak tersorot atas harapannya kepada TVRI Stasiun Lampung agar bisa menjadi jembatan untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas dan berwawasan luas. Hal ini disampaikan Arinal saat menghadiri serah terima jabatan kepala TVRI Stasiun Lampung.

Selanjutnya ada pemberitaan mengenai Arinal yang meraih anugerah penghargaan di puncak perayaan hari ulang tahun harian Pikiran Lampung ke -13. Penghargaan kategori istimewa dari Harian Pikiran Lampung diberikan kepada Gubernur Arinal Djunaidi atas prestasi dan dedikasinya dalam mewujudkan pembangunan berjaya, merata dan berkelanjutan di Provinsi Lampung.

Berita yang juga banyak tersorot atas nama Arinal Djunaidi adalah perkembangan politik jelang Pilgub Lampung. Pada isu yang terangkat, Arinal seringkali dihadap-hadapkan dengan sosok Hanan A Rozak yang juga mendapat surat tugas maju calon Gubernur Lampung dari Partai Golkar.

Di posisi kedua ada nama Ketua DPD I Partai Golkar Sumatera Utara, Musa Rajekshah. Pada periode Mei 2024, Musa Rajekshah memiliki sebanyak 534 pemberitaan yang tersebar pada berbagai media online baik lokal maupun nasional. Untuk jangkauan pemberitaan terkait dengan Musa Rajekshah sebesar 3,98 juta reach.

Pemberitaan populer mengenai Musa Rajekshah antara lain adalah mengenai pengambilan formulir bakal calon Gubernur Sumatera Utara yang dilakukan olehnya ke PDIP. Selanjutnya ada berita tentang kans Musa Rajekshah maju calon Gubernur Sumut meski ada nama Bobby Nasution yang juga ditugaskan Partai Golkar untuk maju.

Selain itu, ada pula bantahan Musa Rajekshah terkait kabar adanya penawaran terhadap dirinya untuk menduduki jabatan Ketua Komisi I DPR RI apabila tak maju Pilgub Sumut. Kemudian informasi pertemuan antara Musa Rajekshah dan Bobby Nasution disertai dengan foto salam komando juga menjadi pemberitaan populer yang banyak disorot media.

Di urutan ketiga sebagai Ketua DPD 1 Partai Golkar terpopuler berdasar hasil riset Golkarpedia adalah Sahbirin Noor, Ketua DPD I Partai Golkar Kalimantan Selatan yang juga menjabat sebagai Gubernur Kalimantan Selatan. Pada periode Mei 2024, Sahbirin Noor memiliki 473 berita dengan jumlah jangkauan mencapai 580.954 reach.

Pemberitaan terkait dengan figur pria yang akrab disapa Paman Birin ini di antaranya adalah penghargaan yang diraih olehnya dari Bappenas. Raihan penghargaan ini diberikan atas keberhasilan Kalsel dalam mengembangkan program unggulan Sistem Integrasi Itik di Lahan Rawa dan Lahan Kering (SITI HAWA LARI) pada nominasi Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD).

Lalu ada pemberitaan tentang klaim yang dilemparkan Sahbirin Noor atas keberhasilan reformasi birokrasi di Kalsel. Pernyataan Paman Birin terkait masyarakat menjadi kunci utama dari pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Kalsel juga banyak menjadi sorotan media massa.

Posisi keempat diisi oleh nama Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily. Munculnya Ace Hasan di posisi keempat ini sekaligus menggeser posisi Ahmed Zaki Iskandar yang pada periode sebelumnya duduk di urutan empat. Untuk periode Mei 2024 Ace Hasan memiliki pemberitaan sebanyak 450 berita. Jumlah reach yang dicapai dari pemberitaan Wakil Ketua Komisi VIII DPR tersebut adalah sebesar 2,9 juta jangkauan.

Berita mengenai Ace Hasan Syadzily antara lain mengenai perkembangan Pilgub Jawa Barat. Dalam berbagai pernyataannya, Ace Hasan menegaskan bahwa Ridwan Kamil merupakan calon Gubernur Jawa Barat dari Partai Golkar. Meski sempat didatangi politisi PAN, Bima Arya, Ace Hasan tak bergeming dan tetap mendukung Ridwan Kamil untuk posisi Jabar I.

Lalu ada pula berita mengenai tanggapan Ace Hasan terkait peristiwa penggrudukan oleh masyarakat setempat saat sejumlah mahasiswa beragama Kristen sedang melakukan doa rosario di Tangsel. Kemudian ada pula pandangan Ace Hasan terkait wacana Luhut Panjaitan yang disebut-sebut akan menjadi penasihat Presiden RI terpilih, Prabowo Subianto. Bagi Ace Hasan, pendapat Luhut dalam mengelola pemerintahan masih dibutuhkan.

Untuk bulan Mei 2024 ini, kami mempersempit jumlah publisitas tokoh yang masuk dalam kategori populer hanya menjadi 4 orang. Selain itu, tak ada perubahan fundamental terkait dengan riset yang kami lakukan dengan memasukkan nama-nama seluruh Ketua DPD I Partai Golkar ke dalam tools yang kami miliki.

Demikian 4 besar Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler untuk periode bulan Mei 2024. Ada pergeseran, ada yang terlempar dari 4 besar, ada pula nama baru yang masuk. Hal ini mafhum adanya. Semoga temuan kami ini menjadi pelecut semangat bagi seluruh DPD I Partai Golkar se-Indonesia agar lebih masif lagi mengabarkan mengenai kinerja baik sebagai Ketua DPD Partai Golkar ataupun peran lainnya di pemerintahan.

Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan Periode Mei 2024

Arinal Djunaidi
Ketua DPD I Partai Golkar Lampung
Gubernur Lampung
Total: 966 pemberitaan
Reach: 915.030 jangkauan

Musa Rajekshah
Ketua DPD I Partai Golkar Sumatera Utara
Wakil Gubernur Sumatera Utara Periode 2018-2023
Total: 534 pemberitaan
Reach: 3,98 juta jangkauan

Sahbirin Noor
Ketua DPD I Partai Golkar Kalimantan Selatan
Gubernur Kalimantan Selatan
Total: 473 pemberitaan
Reach: 580.954 jangkauan

Ace Hasan Syadzily
Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Barat
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI
Total: 450 pemberitaan
Reach: 2,9 juta jangkauan {politiknesia}