Politiknesia.com

China Gabung Latihan Angkatan Laut Komodo 2023 Bareng RI, Ada AS dan Rusia

China telah menerima undangan Indonesia untuk bergabung dalam Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 yang digelar pada bulan ini.

Selain China, Indonesia juga mengundang negara-negara seperti Korea Utara, Rusia, Korea Selatan, dan Amerika Serikat, di tengah meningkatnya ketegangan di kawasan Asia Pasifik.

Kementerian Pertahanan China pada Rabu (31/5) mengatakan Angkatan Laut China akan mengirim kapal perusak Zhanjiang dan fregat Xuchang, keduanya dilengkapi dengan peluru kendali.

Sementara itu, menurut Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, sebanyak 22 negara sudah mengonfirmasi hadir dalam MNEK 2023, termasuk AS dan Rusia.

Latihan itu dilakukan di tengah ketegangan yang terus meningkat antara China dan AS, khususnya di Laut China Selatan.

Pada Desember lalu, Indonesia mengatakan telah mengundang angkatan laut dari 47 negara, termasuk China, untuk berpartisipasi dalam latihan yang akan berlangsung dari 4 hingga 8 Juni di Makassar. Ini akan menjadi latihan keempat sejak yang pertama pada tahun 2014.

Latihan Komodo terakhir dilakukan pada tahun 2018 sebelum penangguhan karena Covid-19. China juga mengirimkan dua kapal perang pada saat itu, kapal perusak Changsha dan fregat Liuzhou, keduanya juga dilengkapi dengan peluru kendali.(Sumber)

Leave a Reply