Politiknesia.com
Parpol  

Daftar Politisi Perempuan Partai Golkar Terpopuler Agustus 2022 Berdasar Hasil Riset Golkarpedia

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani menjadi tokoh perempuan Partai Golkar paling populer periode Agustus 2022 berdasar hasil riset Golkarpedia dengan indikator banyaknya pemberitaan pada periode tersebut. Tentu menjadi sebuah kebanggaan bagi Indah Putri Indriani yang merupakan istri dari Muhammad Fauzi menjadi tokoh perempuan paling populer.

Selain cantik, Indah Putri Indriani nyatanya berhasil menunjukkan bahwa kerjanya sebagai Bupati Luwu Utara berhasil menjadi perhatian media dan secara otomatis diperhatikan pula oleh masyarakat. Apalagi sebagai perempuan, bukan hal mudah menghapus stigma dan keraguan publik akan kapasitas kepemimpinannya.

Maklum saja, dunia politik dan perempuan merupakan dua entitas kata yang jarang didengar beriringan. Politik adalah dunia yang dianggap keras, penuh perdebatan dan silang sengketa persepsi, jauh dari sifat perempuan yang dianggap lembut, bersifat keibuan dan mengedepankan perasaan.

Namun seiring perjalanan waktu hingga dunia semakin modern, keberadaan perempuan mulai mengisi segala lini kehidupan, termasuk dunia politik sebagai profesi yang diisi oleh kaum perempuan. Partai Golkar sendiri memberi porsi penting bagi keberadaan perempuan di dalam lingkup organisasi politiknya.

Dewasa ini, dunia politik utamanya Partai Golkar mulai diminati secara serius oleh kaum perempuan. Di DPR RI kursi legislatif yang diisi oleh kaum perempuan mencapai 19 jumlahnya. Belum lagi menghitung seberapa banyak perempuan kader Partai Golkar yang menjabat sebagai kepala daerah atau berkiprah dalam bidang lainnya.

Kami menggunakan indikator pemberitaan bulan Agustus 2022 untuk mengukur popularitas para politisi perempuan ini. Semakin banyak pemberitaan yang tercatat menulis namanya atau mengulas mengenai dirinya, maka semakin populer lah politisi perempuan ini.

Nama Indah Putri Indriani bercokol di urutan pertama berdasar hasil riset Golkarpedia dengan mendapatkan 520 pemberitaan di Agustus 2022 dengan reach atau jangkauan mencapai 1,4 juta. Beberapa fokus pemberitaan yang mengulas mengenai Indah Putri Indriani adalah terkait dengan dukungan PLN terhadap transisi energi impor ke domestik lewat penggunaan kompor listrik induksi.

Lalu pemberitaan mengenai ikut sertanya Indah Putri Indriani dalam pengibaran bendera merah putih di dalam laut Luwu Utara untuk memperingati hari kemerdekaan RI. Kemudian ketika Indah Putri Indriani mengenalkan potensi industri sawit di ajang IIF London dan pemberitaan lainnya.

Di urutan kedua ada nama Bupati Purwakarta yang juga merupakan istri dari anggota DPR RI Dedi Mulyadi, yakni Anne Ratna Mustika. Perempuan yang akrab disapa Ambu Anne ini menjadi yang terpopuler kedua setelah memiliki 271 pemberitaan dengan reach mencapai 1,7 juta jangkauan.

Pemberitaan mengenai Anne Ratna Mustika antara lain adalah tentang panen bawang merah di tahun kedua yang dilakukan oleh Anne Ratna Mustika. Kemudian raihan penghargaan yang diterima Purwakarta sebagai daerah tertib ukur dari Menteri Perdagangan, serta giat Pemkab Purwakarta dalam peningkatan kapasitas kepala desa.

Tempat ketiga ditempati oleh Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq. Di bulan Agustus 2022 ini, Fadia Arafiq memiliki pemberitaan sebanyak 259 berita dan jangkauan paling besar di antara yang lainnya yakni sebesar 3,2 juta jangkauan. Pantas saja jika Fadia Arafiq mendapatkan jangkauan yang besar. Sebab pemberitaan mengenai dirinya terbilang unik.

Pemberitaan yang mendapat sorotan paling besar antara lain adalah hadiah juara turnamen bulu tangkis Bupati Cup di Pekalongan yang hanya sebesar Rp 50.000. Pemberitaan ini masuk kategori menasional dan mendapat sorotan dari berbagai media mainstream tanah air. Tetapi selain itu ada pula pemberitaan mengenai pembagian BLT dana bagi hasil cukai tembakau yang diberikan langsung oleh Fadia Arafiq.

Tempat keempat ada nama Bupati Serang yang juga menjabat Ketua DPD I Partai Golkar Banten, Ratu Tatu Chasanah. Ratu Tatu memiliki pemberitaan sebanyak 251 pemberitaan dan reach sebesar 1,7 juta jangkauan.

Selanjutnya, nomor lima dipegang oleh Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid. Anggota DPR RI asal Sumatera Utara itu memiliki pemberitaan sebanyak 236 pemberitaan dan 2,9 juta reach jangkauan.

Christina Aryani berada di urutan selanjutnya, anggota Komisi I DPR RI ini memiliki pemberitaan sebanyak 207 pemberitaan dan mendapat reach sebesar 1,9 juta jangkauan. Tempat ketujuh diisi oleh Ketua Umum KPPG, Airin Rachmi Diany yang memiliki pemberitaan sebanyak 187 berita dengan reach mencapai 1,7 juta jangkauan.

Kedelapan ada nama Riana Sari Arinal, istri dari Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang juga menjabat sebagai Ketua IIPG Lampung. Riana Sari Arinal memiliki pemberitaan sebanyak 166 pemberitaan dan mendapat 838 ribu jangkauan.

Peringkat sembilan ada nama anggota DPR RI dan Ketua Umum Pengajian Al-Hidayah, Hetifah Sjaifudian. Anggota DPR RI dari Kalimantan Timur ini memiliki pemberitaan sebanyak 143 berita dan reach sebesar 1,6 juta  jangkauan.

Terakhir, peringkat sepuluh ditempati oleh Puteri Komarudin. Anggota DPR RI putri dari Ade Komarudin ini mendapatkan pemberitaan sebanyak 118 berita selama periode Agustus 2022 dan memiliki reach sebesar 1,2 juta jangkauan.

Demikianlah 10 besar tokoh perempuan Partai Golkar terpopuler Agustus 2022. Terkait dengan metode pengumpulan data, kami menggunakan tools monitoring media yang mengumpulkan data pemberitaan bulan Mei 2022. Selain itu, sepuluh besar ini juga merupakan hasil tracing serta eliminasi nama tokoh lain yang tidak masuk karena alasan jumlah pemberitaan lebih sedikit daripada yang berada di ranking 10 besar.

Dengan terangkumnya sepuluh besar politisi perempuan Partai Golkar terpopuler berdasarkan jumlah pemberitaan sepanjang bulan Mei 2022, ada harapan bahwa entitas perempuan dan politik bisa menjalin keakraban yang lebih dalam lagi.

Nyatanya bisa perempuan berkiprah memberi manfaat dalam dunia politik. Karena zaman telah memberi peluang itu, bahwa perempuan bisa maju, bisa berkembang, dan bisa memberi harapan serta inspirasi bagi khalayak banyak.  {radaraktual}

Leave a Reply