Politiknesia.com

Menko Airlangga Terima Penghargaan dari Rusia: Momentum Perkuat Kerjasama Ekonomi

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menerima penghargaan “For Contribution to International Cooperation” dari Pemerintah Federasi Rusia yang disampaikan oleh Wakil Menteri Luar Negeri Federasi Rusia, Mikhail Galuzin, di Moskow, Federasi Rusia.

“Penghargaan yang diberikan hari ini merupakan salah satu bukti bahwa Menko Airlangga mempunyai komitmen kuat untuk meningkatkan kerja sama dengan Rusia, khususnya di bidang ekonomi,” ujar Galuzin dalam keterangan tertulisnya, Rabu (12/6).

Sementara itu, Menko Airlangga tidak mau berbangga diri. Menurutnya, penghargaan tersebut diperuntukkan kepada semua pihak yang telah berkontribusi pada upaya peningkatan kerja sama ekonomi kedua negara.

Ia berharap, hubungan kedua negara tetap terjalin dengan baik. Apalagi Indonesia dan Rusia akan memperingati 75 tahun hubungan diplomatik.

“Sudah semestinya kita dapat memanfaatkan momentum ini dengan melakukan terobosan dalam rangka pengembangan hubungan kerja sama bilateral di bidang ekonomi,” jelas Airlangga.

Usai menerima penghargaan, Menko Airlangga menghadiri Pertemuan Cochairs Sidang Komisi Bersama (SKB) ke-13 RI-Rusia Bidang Kerja Sama Perdagangan, Ekonomi dan Teknik dengan Wakil Pertama Perdana Menteri Federasi Rusia, Denis Manturov.

Pada pertemuan tersebut, keduanya mendiskusikan secara komprehensif berbagai sektor kerja sama ekonomi, yang mencakup isu-isu perdagangan, investasi, industri, pariwisata dan energi baru terbarukan (EBT).

Menko Airlangga memaparkan berbagai fokus kerja sama di sektor pariwisata, ekspor minyak sawit Indonesia ke Rusia, registrasi produk perikanan Indonesia di Rusia, dan percepatan penyelesaian perundingan Indonesia-EAEU FTA.

“Kedua pihak perlu duduk bersama untuk membahas peningkatan jumlah kunjungan wisatawan melalui penerbangan langsung antara kedua negara. Indonesia juga meminta Rusia mendukung penyelesaian perundingan Indonesia-EAEU FTA yang ditargetkan akan rampung pada Juli 2024,” tegas Ketua Umum Partai Golkar ini.

Pada akhir pertemuan, kedua Co-chair SKB RI-Rusia menyepakati rencana kunjungan delegasi bisnis Rusia ke Indonesia dan pelaksanaan SKB ke-13 RI-Rusia Bidang Perdagangan, Ekonomi dan Teknik pada bulan Desember 2024 di Indonesia.

Dalam rangkaian kunjungan di Moskow, Menko Airlangga juga bertemu dengan Wakil Ketua Dewan Keamanan Federasi Rusia, Dmitry Medvedev yang merupakan mantan Presiden Rusia 2008-2012 dan mantan Perdana Menteri Rusia 2012-2020.
(Sumber)