Politiknesia.com

Songsong Indonesia Maju, Iwan Soelasno Minta Desa Bersatu Kawal Pemerintahan Prabowo-Gibran

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah resmi menetapkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, sebagai presiden dan wakil presiden terpilih hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 untuk masa jabatan periode 2024-2029 pada Rabu (24/4/2024) lalu.

Pegiat desa yang juga pendiri desapedia.id, Iwan Sulaiman Soelasno atau dikenal dengan Iwan Soelasno mengajak semua pemangku kepentingan desa terutama Kepala Desa dan perangkat pemerintahan desa di 75.265 desa di seluruh Indonesia untuk bersatu mengawal jalannya pemerintahan Prabowo-Gibran 5 tahun ke depan.

Iwan yang juga pernah menjadi Caleg DPR RI dari Partai Golkar ini tak menampik ada perbedaan pilihan politik di antara Kades dan perangkat pemerintahan desa saat Pilpres 2024 lalu. Namun demikian dirinya mengajak desa bersatu Kembali mengawal mandat UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa yang belum terlaksana di bawah pemerintahan Prabowo-Gibran.

“Payung hukum desa masih sama, yaitu UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa walaupun ada beberapa revisi minor. Maka yang perlu kita dorong dan kawal adalah Prabowo-Gibran melanjutkan penguatan pada pembangunan, pemberdayaan, kemasyarakatan dan pemerintahan desa sebagaimana amanat UU Desa,” ujar Iwan.

Iwan menambahkan, pernyataan Wapres terpilih Gibran soal rencana akan berkomitmen melakukan pemerataan pembangunan haruslah dimaknai sebagai upaya keberlanjutan membangun dari pinggiran, yaitu desa, sebagaimana telah dilakukan Presiden Jokowi selama 2 periode ini.

“Presiden dan Wakil Presiden kita saat ini sudah sangat paham tentang desa, ini tidak kami ragukan. Semua regulasi juga sudah baik. Maka agenda Prabowo-Gibran selanjutnya adalah memilih ‘pilot’ yg handal, yaitu Menteri Desa. Sebaiknya diprioritaskan Menteri Desa berasal dari KIM atau relawan Prabowo-Gibran,” tegas Iwan yang juga Sekjen Relawan Pemberdayaan Desa Nusantara (RPDN). {golkarpedia}