Politiknesia.com
Parpol  

Survei Litbang Kompas: Partai Golkar Posisi 2 Partai Paling Disukai Di Bawah Demokrat

Hasil survei Litbang Kompas memperlihatkan, Demokrat menjadi partai politik (parpol) paling disukai dalam survei yang digelar pada Mei 2023.

Berdasarkan jejak pendapat yang dilakukan, 56,5 persen publik suka dengan Partai berlambang mercy tersebut. Berikutnya, ada Partai Golkar dengan angka 51,4 persen pada survei yang sama. Angka ini lebih tinggi dibanding Partai Gerindra di angka 50,1 persen.

Selanjutnya, ada Partai Persatuan Indonesia (Perindo) yang juga disukai publik. Sebanyak 45,5 persen publik menyukai partai besutan Hary Tanoesoedibjo itu.

Posisi berikutnya, ada Partai Nasdem dengan angka 43,3 persen. Posisi Nasdem masih di atas PDI-P yang berada di angka 42,8 persen.

Kemudian, ada juga Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan angka 39,9 persen, Partai Keadlian Sejahtera (PKS) di angka 38,1 persen dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di angka 34,4 persen.

Kendati demikian, lebih disukai nyatanya tidak berpengaruh terhadap elektabilitas atau tingkat keterpilihan publik dalam memilih sesuatu, baik itu seorang figur, lembaga atau partai. Lihat Foto Hasil Survei Litbang Kompas Mei 2023 terkait elektabilitas partai politik Mei 2023.

() Elektabilitas parpol menjelang pemilihan umum (pemilu) 2024 masih sangat dinamis. Dari sembilan partai yang mendapat kursi di DPR, empat partai mendapat kenaikan elektabilitas.

Keempatnya adalah PDI-P, Gerindra, PAN, dan PPP. Sementara elektabilitas lima partai lainnya, yaitu Partai Golkar, Demokrat, Nasdem, PKB, dan PKS, cenderung menurun.

Dalam survei terhadap 1.200 responden ini, penelitian dilakukan secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi.

Metode ini digunakan dengan pada tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error penelitian ± 2,83 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana. Meskipun demikian, kesalahan di luar pemilihan sampel dimungkinkan terjadi.(Sumber)

Leave a Reply