Politiknesia.com

Tekan Inflasi, Gubri Syamsuar Ajak Warga Tanam Cabai di Pekarangan Rumah

Gubernur Riau Syamsuar menegaskan perlunya kerja sama untuk menekan inflasi di daerah. Hal ini ia sampaikan saat meluncurkan gerakan menanam cabai di pekarangan oleh ASN di lingkup Pemprov Riau, Kelompok Wanita Tani, dan masyarakat Riau.

Menurutnya, imbauan tersebut sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo yang meminta gubernur, bupati, dan wali kota bersama-sama menurunkan inflasi di daerah.

“Minggu lalu, kami rapat dipimpin oleh Bapak Presiden mengadakan rapat Tim Pengendalian Inflasi Nasional. Kenapa begini, karena saat ini semua negara dilanda krisis ekonomi tidak hanya Indonesia,” kata Syamsuar dalam keterangan tertulis, Senin (29/8/2022).

Lebih lanjut, ia mengungkap dalam rapat sebelumnya diketahui inflasi nasional berada di angka 4,9, di bawah 5. Presiden RI pun mengharapkan seluruh daerah di Indonesia untuk menekan angka inflasi harus di bawah 5.

“Saat ini inflasi kita 7 persen, sehingga perlu melakukan upaya agar inflasi kita ini di bawah lima persen,” ucapnya.

Untuk itu, Syamsuar mendukung gerakan menanam cabai dengan memanfaatkan pekarangan yang dilakukan oleh ASN di lingkup Pemprov Riau bersama masyarakat Riau.

Syamsuar berharap kegiatan peluncuran gerakan menanam cabai di pekarangan oleh ASN bersama kelompok tani dan masyarakat Riau ini dapat bermanfaat untuk menekan inflasi di daerah.

“Makanya kita harapkan, kita harus siap dengan kondisi ini, kita siap dalam arti kata bagaimana kita mempersiapkan terhadap komoditas yang mahal ini kita tanam sendiri. Setidaknya bisa menghemat belanja,” ujarnya.

Ia merinci ada sekitar 65.000 bibit cabai yang dibagikan dalam polybag, terdiri dari 30.000 untuk diserahkan kepada kelompok tani binaan Bank Indonesia, 20.000 polybag diserahkan kepada ASN pada OPD lingkup Pemprov Riau, dan 15.000 polybag untuk KWT (Kelompok Wanita Tani) serta masyarakat di Kota Pekanbaru, Kota Dumai, dan Indragiri hilir.

Dalam kegiatan ini, Syamsuar ikut melakukan penanaman cabai di pekarangan lapangan FKIP UNRI Pekanbaru bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Muhammad Nur dan lainnya.

(Sumber)

 

Leave a Reply