Politiknesia.com

Wamendag Jerry Sambuaga: UMKM Adalah Pilar Ekonomi Indonesia

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan pilar ekonomi Indonesia. Pemerintah akan terus memfasilitasi kemajuan UMKM dengan beberapa dukungan kegiatan.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan hal itu saat menghadiri dialog dengan para pelaku UMKM Jawa Timur.

“Pemerintah akan terus memfasilitasi kemajuan UMKM dengan beberapa dukungan kegiatan yang diharapkan dapat diikuti para pelaku UMKM di seluruh Indonesia, termasuk di Jawa Timur,” ujar Jerry Sambuaga, seperti dikutip Selasa (23/4).

Acara Dialog dihadiri oleh 40 pelaku UMKM Jawa Timur dari berbagai industri, mulai dari makanan dan minuman, kriya, furnitur, fesyen, konstruksi, aksesoris otomotif, hingga gim. Turut mendampingi Wamendag Jerry, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Timur Iwan dan para kepala UPT, serta para kepala bidang Disperindag Provinsi Jawa Timur.

Fasilitas yang diberikan antara lain bimbingan teknis (bimtek) terkait pengembangan produk lokal yang membahas seputar standar produk dan kemasan produk. Selain itu juga bimtek kewirausahaan yang membahas kemandirian pelaku UMKM dalam pembuatan laporan keuangan, promosi melalui media sosial, pemasaran, digitalisasi pembayaran, fasilitasi permodalan kredit usaha rakyat (KUR),dan fasilitasi sertifikasi halal.

Jerry menjelaskan, sertifikasi halal tidak hanya dibutuhkan untuk para pelaku usaha di bidang makanan dan minuman, tapi juga industri fesyen. Kementerian Perdagangan telah bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal(BPJPH) dari Kementerian Agama untuk mengadakan pameran produk fesyen, seperti Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW).

“Apabila ada yang memiliki tantangan dalam proses penerbitan sertifikasi halal, silakan dikonsultasikan ke kantor wilayah Kementerian Agama di Jawa Timur terlebih dahulu. Nanti, tolong sampaikan produknya merupakan produk binaan Kementerian Perdagangan melalui Disperindag Jawa Timur,” ujar Jerry.

Jerry mengungkapkan, pemerintah juga menyediakan kemitraan dengan ritel modern, lokapasar, dan perhotelan untuk kemajuan UMKM. (Sumber)