Politiknesia.com

Sidang Majelis Umum PBB ke-77, Ini 5 Misi Utama Yang Dibawa Indonesia

Kehadiran Indonesia dalam sidang majlis umum PBB yang ke 77 di New York, dikabarkan akan mengangkat lima misi utama yang akan disampaikan secara langsung untuk pertama kalinya sejak pandemi Covid-19.

Dirgen Kerja Sama Multilateral Tri Tharyat dalam konferensi persnya pada Senin (12/9) menyatakan misi pertama yang akan diajukan Indonesia ialah terkait kelancaran untuk presidensi G20 di Bali melalui permintaan dukungan dari berbagai negara yang hadir dalam sidang.

“Kami berharap di sidang nanti, Indonesia akan mendapatkan lebih banyak dukungan untuk terselenggaranya KTT G20 pada November mendatang,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Tharyat, misi kedua yang akan selalu digaungkan dan ditegaskan Indonesia ialah pentingnya kerjasama multilateral yang perlu diimplementasikan lebih lanjut pada seluruh anggota dan badan PBB.

“Saya rasa karena PBB adalah organisasi multilateral terbesar, maka semangat Indonesia untuk memperjuangkan ini di forum, sangatlah mungkin dilakukan,” jelasnya.

Sejalan dengan itu, kata Dirgen kerjasama multilateral, melihat bagaimana kinerja dan peran PBB sejauh ini, maka sebagai negara anggota, Indonesia memiliki misi untuk mendorong eksistensi PBB menjadi lebih nyata dan berarti bagi dunia.

Misi selanjutnya, Tharyat merujuk pada gempuran pandemi Covid-19 yang membawa banyak dampak di seluruh dunia, maka dengan ini pula Indonesia dalam sidang akan mendorong penguatan arsitektur kesehatan global untuk membantu seluruh anggota pulih dan keluar dari pandemi.

Terkhir, Tharyat menyampaikan bahwa Indonesia memiliki misi perdamaian yang akan diajukan dalam sidang, yakni upaya penyelesaian sengketa secara damai antar negara-negara yang berperang.

Sidang Majelis Umum PBB ke 77 akan mulai dibuka pada Selasa (13/9), dengan dipimpin oleh Csaba Corosi dari Hongaria.

Kemudian High Level Week (HLW) akan berlangsung pada pada 20-26 September mendatang. Sementara itu, Indonesia akan mengirimkan Menlu RI, Retno Marsudi untuk menjadi delegasi di sidang tersebut.(Sumber)

Leave a Reply