Politiknesia.com

Pesawat Latih TNI AL Jatuh di Selat Madura, Dave Laksono: Perlu Ada Reformasi di Tubuh TNI

Pesawat latih TNI AL jenis G-36 Bonanza T-2503 dikabarkan jatuh di Selat Madura, Jawa Timur. Anggota Komisi I DPR Fraksi Golkar, Dave Laksono, menyampaikan dukacita atas peristiwa tersebut.

“Yang pertama saya turut berdukacita terhadap kejadian tersebut. Ini yang harus menjadi korektif ke depan, yaitu adalah SOP-nya bagaimana, kenapa itu bisa terjadi dan berulang kali. Jadi perlu ada reformasi dalam SOP tentang penggunaan pesawat, baik itu pesawat, kapal angkatan laut, kapal selam, tank juga. Jadi perlu ada reformasi di tubuh TNI,” kata Dave kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (8/9).

Dave menyebut semestinya dilakukan perbaikan jika alat tempur sudah tidak prima. Dave mendorong pemerintah melakukan perbaikan alutsista.

 

Tinjau TKP Warga Mimika Dimutilasi, Kompolnas: Kasus Ini Jadi Atensi Bapak Presiden

“Apabila terjadi kendala bilamana alat tempur tersebut sudah usianya uzur, sudah tidak dalam kondisi prima, ya, semestinya harus ada perbaikan,” katanya.

“Dari pemerintah untuk mendorong ada refurbishment peremajaan dari alutsista kita. Kita kan dalam kondisi damai dan tidak berperang dengan siapapun, nah ini pesawat terus berjatuhan? Bagaimana kita dalam keadaan perang, nah kenapa?” katanya.

Dave meminta TNI AL memberi penjelasan bagaimana peristiwa itu bisa terhadi.

“Kita mendorong penjelasan-penjelasan itu bisa terjadi, kita harapkan ada kejelasan dari TNI AL kenapa bisa terjadi,” kata Dave.

(Sumber)

Leave a Reply